Sunday, December 5, 2010

"You have no oracle client installed" and "ORA-12560"

Sepekan sudah, saya mengutak-atik pl/sql untuk menunjang program reporting. Selama ini saya coding pl/sql mengguakan sqldeveloper. Karena saya keseringan menggunakan eclipse pada saat coding java, jadi pas mengggunakan sqldeveloper besutan oracle, menjadi kurang nyaman. SqlDeveloper yang saya gunakan, masih yang versi 2. Saat blog ini di tulis, sqldeveloper sudah keluar yang versi 3, tetapi masih ER atau early release.

Penasaran, ingin mencari editor yang lebih enak, denger punya denger dari mbah google, katanya lebih enak debugging pl/sql mengguanakn TOAD. Kebetulan saya sempet menggunakan TOAD sebagai editor query-query saya untuk oracle. tapi saya tinggalkan karena, untuk query-query sederhana, saya lebih enak pakai sqldeveloper. 
Singkat cerita, saya installah untuk pertama kali di windows 7. Dan ternyata, Tererengg..!! Error ! (DOH..!!) Errornya itu katanya You have no Oracle Client installed. Padahal gw pernah coba install di winXp, dan installnya itu hanya oracle Express dan TOAD 9. Everything works fine. tapi di win 7, sepertinya menjadi masalah. 1 hari, 2 hari, 4 hari berlalu, akhirnya, .... ketemu juga. Solusinya terpaksa, cari oracle enterprise, install clientnya aja (keadaan saat install client, oracle Express sudah terinstall). Setelah itu baru bisa buka toad.

Eh, ada permasalahan baru, keluar lagi. Saya nggak bisa login sqlplus di Dos pada saat akan mengimport file mdb. Wah, kacau... Akhirnya, cari-cari lagi di mbah google, ternyata solusinya simple. Cukup ketik di Dos sebelum membuka sqlplus, 
"  set ORACLE_SID=XE  ".
Ini karena saya menggunakan oracle Express. Akhirnya, selesai sudah penderitaan ku dalam coding pl/sql. Tinggal hari senin nanti, bisa konsentrasi ke debugging :) Hope everything works well. :D

No comments:

Post a Comment